Thursday, December 1, 2011

Tuhan, Gue (Belom) Pengen Punya Pacar! *story from his side* :)


Hallo lagiii kawaannss~ :D
Kali ini gw ga ngebagiin refleksi ato "uneg-uneg" dari gw... Hahaha...
Masiiih tentang pacaran dan seluk beluknya niihh, tapi kali ini dari posisi seorang cowok!
Sebelomnya gw cerita tentang bagaimana gw mem-postponed pacaran dengan seseorang, en akhirnya setelah banyak perjuangan, tetesan air mata, dan banyaakk sekali penyangkalan diri; sekarang gw bisa bersyukur luar biasa atas keputusan yang gw buat tersebut :) Naahhh,
Sang "gebetan" juga ternyata have something to say setelah baca en sharing perenungan gw kemarin, hihihi... Hope this will bring an enlightenment for all the gentleman out there ;)


Setelah proyek Service Learning “Eagle Generation” (nama  agak lebay yg gw bikin u/ project pertama service learning, wkwkwk) berbagi kasih ke berbagai panti asuhan, mulai beda deh perasaannya tiap ketemu sama dia... Terus seiring berjalannya waktu gw memberanikan diri untuk pedekate.. 
Kisah gw pedekate agak memalukan sii.... 
Sebagai cowok pemalu, gw gak pernah ngajak ngomong, menyapa, bahkan menatap mukanya (rada dodol sii emang, haha). Jd melalui poses yang sangat panjang (sekitar 6 bulan), bulan ke 7 gw memberanikan diri u/ nembak doi… wkwkwkwk… 
Tapi proses ini panjang banget guys, banyaakk sekali hal yang menghambat diri gw untuk bisa terus ngejar dia: pergumulan di dalam otak dan hati gw, serta ikut Men’s Camp (camp yang ngajarin bbrp prinsip2 ttg pria sejati menurut standar Allah, dan gw merekomendasikan kalian u/ ikut guys =) yang sangat mengubah pola pikir gw untuk mulai serius memikirkan tentang kekudusan dan integritas sebagai seorang pria.. Dan ada suatu saat di mana gw sempat memutuskan untuk gak mau deketin doi lagi... 

Setelah gw maju mundur dalam rencana penembakan gw, akhirnya DENG-DENG-DENG, 
gw tembaakkk... Gw berharap jawabannya IIYYAAAAAA….. 
Gw udh prepare tempat buat dinner, nyiapin "peralatan" (peralatannya yang dimaksud: kertas karton yang dibakar ujung-ujungnya sampe berbentuk hati dan ditempel foto di tengahnya-red. hihihihi) yang mw digunakan untuk ngungkapin perasaan, eeennn muter2 nyari boneka yg menurut gw agak aneh (bercanda yg ini =p).. 
Dan kalian tau jawabannya???? 
Ternyataaaa DHUEERRRRRR, jawabannya TIDAK……

Gw sempet syok dan agak sedih, tapii yaaa gw ktawa2 aja.. kan emang natur gw gitu… wkwkwkwk… (tapi dalam hati emang gw menyadari sii, gw belom mateng dan siap dlm membina relationship, apalagi setelah ikut men’s camp… tapi kenapa gw tembak jugaaaaa??? Ceritanya panjang =p. wkwkwkwk)


Trus setelah ituu kita menjalin “persahabatan” sambil sharing2 ttg kita kedepannya gmn en tentang masalah2 denominasi gereja juga… 
Tapi yaaa dasar natur pria, gw tidak pernah jujur share sama diri gw sendiri. 
Gw berusaha menarik simpatinya “sahabat” gw ini, gw ga bisa bersahabat dengan murni... 
Dalam pikiran gw sii itu mah sah2 aja, gw buat excuse kayak gini:
"Wong gw udh nembak, lgan udh sama2 tau perasaan juga, ga ada yang musti ditutupin lagi...."
Dari pemikiran itu gw mulai lebay dalam berkomunikasi en ngungkapin hal-hal yang mencakup perasaan gw (kalian tau dhe maksudnya apa, =P)
Yaa hal2 seperti ini berjalan bbrp bulan tanpa kita sadari… 
Memang kita membuat banyak batasan2 emosi dkk, tp sebagai pria gw membohongi diri gw sendiri…

Selang bbrp bulan kemudian, dy meminjamkan buku "I kissed Dating Goodbye" karya Joshua Harris.. Membaca banyak statement-statement di situ gw berasa ditabok...
Di situ dy ceritain tentang motivasi2 dy yg gak bener dalam sebuah hubungan...
Dan guys, gue merasa itu gueee banget!! 
Ketika tulisannya dia menegur gw bahwa anyak motivasi2 gak murni yang tersembunyi dalam hati gw, gw langsung nangis.. 
Banyak motivasi yang gak bner yang gw lakuin dalam sebuah persahabatan: gw berusaha menarik simpati dy, gw pgn dy perhatian ama gw sehingga dy ngerasa "wow" gituuu, en gw pengen mendapat feedback dari seorang “calon pacar”.. 
Gw sadar gw salah!!


Setelah hari itu gw minta maaf sama dy karena motivasi gw banyak yang gak bner, dan gw menjalani hari2 gw dgn lebih damai dan sukacita. Gw udah gak terbeban lagi  u/ menarik simpatinya, en mencoba untuk ga cari-cari cara buat dapet perhatiannya...
Semua perasaan itu gw tulis dalam surat yang akan gw kasih klo someday Tuhan izinkan kita bareng. Klo emang kita ga diijinkan buat bareng ya gw kubur suratnya.. hwhwhw...
Itu dia yang gw lakukan ketika sadar gw salah: gw bawa dalam doa, permohonan dan ucapan syukur sama Tuhan serta gw tulis semua uneg-uneg gw dalam surat tersebut.. hwhwhwhw...

Sebenernya ya guys, deep down in my heart, gw pengen banget pacaran... 
Gw ngerasa cocok dan saling support sama dy.. 
Tp buku itu membuka banyak hal yg menyadarkan gw, salah satunya adalah: 
GW GA SIAP PACARAN.

Ada 2 statement dalam buku Joshua Harris itu yang mengena sekali : 
1. Pacaran bukan untuk menikmati indahnya masa2 kasmaran, dan
2. Pacaran bukan BELAJAR membina hubungan.. 
Artinya: gw tidak belajar membina hubungan ama pacar gw.. 
Gw ud harus punya hubungan yang baik sama keluarga, temen-temen yang lain… 
Tapi lebih teratas daripada itu adalah: hubungan gw ama Tuhan harus jadi nomor satu.. 
Temen2, klo hubungan kita ma Tuhan gak bner, gw pastikan hub kita ama org laen pasti ga bner...
Gw gak sok suci niii, tp gw bener-bener ngalamin ini: gw pernah ngalamain ini terutama ama doi, klo hubungan gw ama Tuhan masih ble’e ble’e, hahaha...

Gw berikan beberapa contoh :
1. Hubungan gw ama keluarga gak terlalu baik: gw pernah kabur dari rumah (jangan dicontoh yaaa X___X, wkwkwkw). Dan gw menyadari hal ini guys: ketika hub kita ama ortu kita gak baik, jangan pernah berharap hubungan kalian dgn doi kalian akan baik2 saja.. 
Gw kutip kata2 dibuku "When God Writes Your Love Story": klo pasangan kita itu “org asing” buat kita.. Nah, klo hubungan sama orang yang sedarah (alias keluarga kita!) aja ga akur, gimana mau akur sama "orang asing" di luar keluarga kitaa??
2. Klo hub ama Tuhan udah jelek: saat teduh males en gak jelas gitu, orientasi tujuan hidup kita sebagai para pria jd gak jelas. Tuhan menciptakan kita sebagai laki2 tu dgn sebuah tujuan ilahi. (baca buku “Kesempurnaan Seorang Pria” karya Edwin Louis Cole).

Keadaan gw yg masih labil ini juga menyadarkan gw, klo gw gak siap pacaran.. 
Gw suka banget sama statement Joshua Harris yang ini:
“saya tidak akan membina hubungan asmara sampai saya siap menikah”
Artinya: kita harus punya kesiapan untuk menikah sebelom bisa pacaran sama orang lain!
Dan gw menyadari gw masih ble’e  ble’e.. Dulu sih gw berfikir sudah sangat cukup tanggung jawab dgn bisa bayar kuliah sendiri.. Padahaaallll... Gw masihh jauh dari cukup!
Yaa dari situ gw bnyak belajar bgt dhe…

Truz komitmen gw ttg kekudusan juga makin manteb...
Gw berikan contoh komitmen yang gw pegang:
Gw ama pasangan gw nanti enggak akan melakukan sentuhan fisik (gandengan tangan, rangkulan, etc) Mungkin kalian akan mengernyitkan dahi dan berpikir: 
"Oh gosh! Lu freak abiiiss! Masak gandengan tangan aja ga boleehh??" wkwkwk..  
Gw pertimbangkan komitmen ini dengan beberapa alasan :
1. Menurut gw, rasa sayang gw itu gw wujudkan bukan hanya dalam sentuhan fisik. Banyak hal2 yang lain yg sering gw lakukan (bawain buah, ato nganterin pulang ato sharing2 ama orang yg gw taksir, ato memberikan sesuatu yang unyu2, haha) yang bisa nunjukkin perasaan itu tetapi tetap menghormati orang yang gw sayang itu…. =)
2. Karena gw tau cow tu gampang “turn on”, so gw menjaga kekudusan gw dengan membatasi sentuhan fisik dkk (salah satu caranya)… 
Gak cuma itu si guys... Pikiran kita juga harus dijaga, apalagi cow kan suka gitu… =p

Terus ada statement ini jugaa dr artikel Grace Suryani: A good men isn’t ENOUGH.  
Kita harus jadi a godly man (an imperfect man that worships the perfect God. And it’s the perfect God who will mold and shape him to be more like Jesus
Inii bner bgt guys… Ketika dalam masalah mereka gak butuh pria baik, pria romantis, atopun pria unyu2, tapi mereka butuh PRIA KUAT:
Pria yang sanggup stay strong menghadapi masalah, 
Pria yang tangguh menghadapi godaan,
Pria yang bisa membawa seluruh keluarganya makin deket sama Tuhan!

Saran terakhir dari gw: sebelum pacaran, banyak-banyaklah baca buku, JUJUR sama diri sendiri, dan punya hubungan yang luar biasa sama Tuhan (ini gak bs ditolrerir!!)

Untuk para pria gw menyarankan baca buku  "I kissed Dating Goodbye" karya Joshua Harris, sama "From Good Man to Valiant Man" karya Dr. Allan Meyer. Buku yang terakhir ini ttg integritas seksual, penting bgt buat para pria bagaimana menghormati dan memperlakukan wanita… Hwhwhw...


Sekian dari gw... See u! 
God bless :)

No comments:

Post a Comment